BAB 1 K3 DALAM MENGETIK CEPAT DAN TEPAT


A. Resiko dan Bahaya Ditempat Kerja
Dikelompokkan menjadi 4 Kategori :

Kategori A

Kategori B

Kategori C

Kategori D


A. Kategori A

Adalah bahaya yang menyebabkan risiko dampak jangka panjang pada kesehatan. Diklasifikasikan sebagai berikut :

Bahaya Faktor Kimia
Bahaya Faktor Biologi
Bahaya Faktor Fisika
Bahaya Fator Ergonomi dan Pengaturan Kerja

B. Kategori B

Adalah potensi bahaya yang menimbulkan risiko langsung pada keselamatan. Diklasifikasikan sebagai berikut :

a.Keselamatan Listrik

b.Kebakaran

c.Keselamatan Kerja Pada Peralatan dan  Mesin

d.Pemeliharaan Tempat Kerja


C. Kategori C

Adalah risiko terhadap kesejahteraan dan kesehatan sehari-hari. Diklasifikasikan sebagai berikut :

a.Air Minum

b.Toilet dan Fasilitas mencuci

c.Ruang Makan/Kantin

d.Pertolongan pertama pada kecelakaan dan Pelayanan Kesehatan Ditempat Kerja

e.Fasilitas Tambahan Untuk Kesehatan Tenaga Kerja

D. Kategori D 

Adalah risiko bahaya pribadi dan psikologis. Contoh : pelecehan, penghinaan,


B.Hal-Hal yang berkaitan dengan pelaksanaan K3 Perkantoran

Hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan K3 perkantoran terdiri dari 10 hal :
1. Kontruksi Gedung
2. Jaringan Listrik dan Komunikasi
3. Kualitas pencahayaan
4. Kualiatas Cahaya
5. Kualitas Udara
6. Kebisingan
7. Tata Ruang dan Alat
8. Hogienitas dan Sanitasi
9. Psikososial
10. Pemeliharaan dan Perawatan Komputer

1. Kontruksi Bangunan
Membuat kontruksi bangunan agar aman bagi pekerjanya adalah
a. Desain Arsitektur yang memperhatikan aspek K3
b. Menggunakan material yang aman
c. Dekorasi sesuai dengan asas tujuan
d. Tanda khusus dengan pewarnaan kontras atau kode khusus untuk objek

2. Jaringan Listrik dan Komunikasi
Jaringan listrik dan komunikasi harus sesuai dengan rekomendasi K3 Berikut ini :
a. Penggunaan central stabilizer untuk menghindari over/under voltage
b. Penggunaan stop kontak sesuai kebutuhan
c. Pengaturan tata letak jaringan instalasi listrik sesuai syarat K3
d. Perlindungan kabel dengan pipa pelindung

3. Kualitas Cahaya
Kualitas cahaya yang baik menurut harus memenuhi syarat seperti berikut :
a. Menggunakan sistem pencahayaan yang sesuai dengan jenis pencahayaan
b. Membantu menampilkan visual melalui kesesuian warna, dekorasi dll.
c. Mengkombinasikan cahaya yang tepat agar mata tidak lelah
d. Perencanaan jendela sehubung dengan pencahayaan dlam ruangan
e. Menggunakan tirai untuk pengaturan cahaya
f. Penggunaan Emergency Lamp disetiap tangga

4. Kebisingan
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kebisingan ruangan pekerjaan :
a. Ruang rapat dilengkapi dengan dinding kedap suara
b. Didepan ruangan rapat diberi tanda peringatan
c. Dinding isolator khusus untuk ruang genset

5. Tata Ruang dan Alat
Hal-hal yang harus diperhatikan :
a. Petunjuk desain interior supaya dapat bekerja fleksibel
b. Konsep desain dan letak Furniture
c. Rasio ruang kerja dan alat kerja
d. Memperhatikan adanya bahaya radiasidaerah gelombang elektromagnetik
e. Ergonomik aspek manusia dengan lingkungan kerjanya.
f. Menyediakan tempat shalat dan istirahat
g. Melengkapi pantry dan lemari dapur
h. Menyediakan ruang penampungan arsip dokumen

6. Kualitas Udara
Cara menjaga agar kualitas cahaya didalam ruangan tetap terjaga adalah sebagai berikut :
a. Memasang Thermometer Ruangan
b. Mengontrol polusi
c. Memasang “Exhaust Fan”
d. Memasang poster peringatan merokok
e. Memperhatikan dan mengontrol sistem ventilasi dan pengaturan suhu ruangan
f. Pemasangan Fan didalam lift

7. Higienitas dan Sanitasi
Berikut cara menjaga kebersihan dan sanitsi ditempat kerja :
a. Menjaga kebersihan dan sanitasi ruangan kerja yaitu mengupdate peralatan kerja secara periodik
b. Menjaga kebersihan toilet sehingga tidak menimbulkan penyakit
c. Menjaga kebersihan kantin

8. Psikososial
Risiko tersebut dapat diatasi denganmengadakan beberapa hal berikut ini :
a. Menyediakan petugas keamanan disetiap lantai
b. Melakukan reporting system kepetugas keamanan
c. Mencegah budaya kekerasan ditempat kerja
d. Pembinaan mental secara berkala minimal sebulan sekali

9. Pemeliharaan
Cara melakukan pemeliharaan K3 adalah sebagai berikut :
a. Melakukan survei setiap bulan/triwulan/semester
b. Melakukan perbaikan apabila tidak sesuai dengan ketentuan
c. Pelatihan tanggap darurat disetiap periodik bagi pegawai
d. Pelatihan investigasi terhadap kemungkina bahaya bom, kebakaran, demontrasi, bencana alam serta pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) bagi satuan pengaman

10. K3 Perkantoran Penggunaan Komputer
Dalam perkantoran menggunakan komputer harus memenuhi aspek sebagai berikut :
a. Menggunakan komputer secara sehat, benar dan aman
b. Memanfaatkan sepuluh jari
c. Memperhatikan tata letak komputer dengan penguna

C. Ergonomi Penggunaan Komputer

Ergonomi Komputer adalah bidang ilmu yang mempelajari interaksi manusia dengan elemen-elemen sistem komputer yang diterapkan guna memenuhi kesehatan dan produktivitas.
Ergonomi penggunaan komputer harus memenuhi beberapa hal berikut ini :
1. Luas ruang lingkup kerja
2. Sikap duduk
3. Letak jari
4. Bentuk dan ukuran meja kursi
5. Tempat istirahat kaki
6. Posisi layar, keyboard dan mouse
7. Map dokumen
8. Percahayaan dan kegaduhan


Belum ada Komentar untuk "BAB 1 K3 DALAM MENGETIK CEPAT DAN TEPAT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel